Selasa, 26 Februari 2013

Teknik Nuklir? Siapa Takut!!


Kalo denger kata "nuklir" apa nih yang pertama kali terlintas? Saya yakin orang-orang awam yang gag ngerti (dan mungkin sok ngerti) selalu mengaitkan dengan bom, teroris, mandul dan hal-hal sejenisnya. Apalagi denger jurusan kuliah Teknik Nuklir, pasti hal pertama yang terbayang adalah mandul, nikah muda atau bahkan umur pendek.  Suatu hal yang jelas-jelas terlalu naif. Berikut akan saya paparkan tentang nuklir dan teknik nuklir dalam sudut pandang saya sebagai mahasiswa Teknik Nuklir dari universitas ternama di Indonesia, Universitas Gadjah Mada. 


Sebelumnya ane mulai dulu dari pngertian nuklir itu sendiri dah. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, Nuklir berarti yang berhubungan dengan atau menggunakan inti atau energi atom (lihat : http://kbbi.web.id/index.php?w=nuklir). Katanya kamus kita aja kayak gitu, bro. Ada kata bom ga? Atau mandul? Kawin muda? Ternyata tidak ada. So, sebenarnya tidak ada hubungannya sama yang temen-temen pikirkan. Memang sih, ada bom nuklir, tapi disini kan kita ngomongin nuklir, tidak ada hubungannya sama bom. Jangan selalu men-judge nuklir itu jahat. 

Tak usah panjang lebar bahas itu, yang penting ane mau ceritain tentang HOAX (pemberitaan palsu) yang tersebar di kalangan masyarakat tentang teknik nuklir. Sebenarnya apa sih teknik nuklir itu? Dan apa yang dipelajari? Ane ngutip katanya wikipedia aja dah. Teknik nuklir adalah penerapan praktis bidang ilmu inti atom yang disarikan dari prinsip-prinsip fisika nuklir dan interaksi antara radiasi dan material (lihat : http://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_nuklir). Dan sekali lagi, apa kata teknik nuklir belajar tentang bom? Tidak ada ternyata. Lagi-lagi berita dan gosip yang salah kaprah dan tak tau darimana berasal.

Kalau dikata anak Teknik Nuklir harus nikah dini (gosipnya sih semester 4), gag mungkin banget dah. Buat apa perguruan tinggi sekaliber UGM membuka program studi yang bikin mahasiswanya mandul dan harus nikah dini. Kalo bener suruh nikah dini, mau gag mau harusnya UGM biayain tu biaya nikah plus nafkahin buat anak istri nanti (kalo gitu, ane jg mau, gan nikah dini. :D). Tapi kenyataannya tidak. Teknik Nuklir 100% aman, coba temen lihat kurikulum prodi Teknik Nuklir UGM yang ada keterangan safety (aman) untuk matakuliah tertentu (lihat web jurusan ane : http://tf.ugm.ac.id/index.php/akademik/kurikulum-2011-2016/kurikulum-prodi-teknik-nuklir-2011-2016) Tidak ada kabar mahasiswa di teknik nuklir UGM nikah di semester 4 tuh, bahkan banyak juga udah semester tua masih jomblo (hehe, maaf kalo ada yg tersinggung).

So, udah pada yakin dan jelas kan tentang teknik nuklir?
Teknik Nuklir? Siapa takut!! 

20 komentar:

  1. jadi begitulah, apa nasib saya yang forever alone ini kalo tiba-tiba disuruh kawin semester 4? lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, gpp.
      klo dcriin cewekny, dibyari nikahnya. :D

      Hapus
  2. exactly.. dan lagi.. di sini tu kita memepelajari proses. Bukan buat Bom.
    menurutku,, apapun yang kita pelajari itu nantinya berpotensi besar untuk memajukan bangsa Indonesia (agak normatif). memajukkan bangsa dengan nuklir agar mandiri dalam hal energi adalah yang positif tentunya. However kan energu is basic to develop :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. that's right.
      Juga tugas kita untuk mrubah paradigma orang nuklir=bom mnjadi nuklir=energi. Jd ktika dkatakan nuklir, harus trlintas d pkiran orng2 ttg energi

      Hapus
    2. betul.. dan prospek kerja teknik nuklir itu luas :)

      Hapus
  3. ka bisa bagi2 twitter / facebook atau jejaring sosial lain ga ? :) mau nanya2 nih ^o^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini facebook saya. https://www.facebook.com/kiotavy
      Feel free to ask. :)

      Hapus
  4. kak Saya sekarang masih kelas 11 SMA, biasalah masih galau jurusan. menurut tes minat bakat, Saya direkomendasiin banget masuk teknik nuklir. saya masih penasaran nih. Sebenernya disitu belajarnya ttg apa ya? kakaknya temen Saya ada yg pindah dari jurusan nuklir. dia bilang, otak dia gakuat nerima pelajarannya, karena butuh imajinasi yg tinggi dan pelajarannya diluar batas kemampuan otak manusia. Saya juga kurang ngerti, tapi itu Hoax atau Fakta kak? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak berlebihan kayak gitu juga kok.
      Kita mempelajari aplikasi nuklir di kehidupan. Matkul matematika dan fisika memang akan kamu jumpai, tapi ya seperti jrusan teknik lain. Tapi cuma semester2 awal kok. :)

      Hapus
  5. kak prospek kerja t.nuklir di indo dan di luar gmna?dan bisa jadi apa aj ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sih. Bisa jadi peneliti di BATAN, dosen (pastinya), Inspeksi radiografi industri, kedokteran nuklir, dll.
      Di luar negeri sepertinya lbh banyak lagi.

      Hapus
  6. Ka kalo di teknik nuklir masuknya susah ga dan bisa nerima extension ga ? #fyi saya dari teknik elektromedik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya UGM tidak menerima ekstensi.
      Silahkan mendaftar melalui SNMPTN, SBMPTN atau jalur mandiri UGM. :)

      Hapus
  7. kak,skarang saya udah klas 3, saya minat banget masuk teknik nuklir, msuk nya susah gak kak, trus peluangnya buat cewek banyak ngak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cowok cewek sama aja kok peluangnya. Dan tiap tahun juga lumayan cewek yang ketrima disini. Kalo soal peluang, sama kayak prodi lain di FT UGM. Silahkan buka aja di um.ugm.ac.id lebih lengkapnya.

      Hapus
  8. Jadi tertarik pengen ambil jurusan teknik nuklir ka. Abis belajar tentang radioaktif di sekolah seru banget ternyata. Teknik nuklir itu lebih ke fisika atau kimia ya? Soalnya aku sekolah di smk kimia

    BalasHapus
  9. Hai gan, syarat untuk masuk teknik nuklir UGM apa ya ? saya alhamdulilah dulu masuk SMP N 1 Sragen yang sempat RSBI, dan sekarang masuk SMK N 2 Sragen yang dulu juga sempet RSBI. Apakah bisa saya teknik otomotif masuk TEKNIK NUKLIR ? mohon pencerahanya :) soalnya dari dulu suka fisika, alhamdulilah nilai fisika UN SMP 9.25 hehe :D mohon pencerahanya.

    BalasHapus
  10. Kak.. saya sekolah di farmasi.. pelajarannya fisika terapan dan kimia terapan.. apa mungkin bisa masuk ke tehnik nuklir

    BalasHapus
  11. kak, peluang kerja buat wanita di jurusan teknik nuklir ini ada gak kak?
    terimakasih

    BalasHapus
  12. kak mau nanya, kan aku mau masuk jurusan teknik nuklir juga di ugm, prodinya kaya gimana? terus bisa kerja di lab ngga? abisnya aku ngejar itu biar bisa kerja di lab😂. makasih ya kak

    BalasHapus